-->

Surat Pengantar Pembuatan Kartu Keluarga dari Desa

Surat Keterangan Kartu Keluarga - Adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah desa dan diberikan kepada pemohon/warga untuk selanjutnya akan diproses di kantor kecamatan. Dalam surat tersebut menerangkan secara lengkap data/identitas diri semua anggota keluarga, di dalamnya diterangkan siapa saja anggota keluarga tersebut. Kartu Keluarga pada umumnya terdiri diri dari Kepala Keluarga (KK), Istri/Suami, anak dan/atau family lain. 

Hasil gambar untuk kartu keluarga

Kepala Keluarga berkedudukan sebagai sosok utama dalam keluarga tersebut, ia bisa seorang suami atau istri, ayah atau ibu dan nenek atau kakek. Selanjutnya dalam KK juga diterangkan nomor unik identitas seseorang, yang biasa disebut dengan NIK ( Nomor Induk Kependudukan ). NIK sendiri menyimpan nomor-nomor unik yang tidak sama antara satu orang dengan orang lain dalam keluarga tersebut dan bahkan dengan warga negara yang sah diakui dalam NKRI. 

Nomor NIK

Hasil gambar untuk nik ktp


NIK pada umumnya menyimpan 16 digit angka yang merupakan kode-kode kependudukan tertentu. Jika kita contohkan, Slamet mempunyai NIK 1802020107880001 maka jika di terangkan kode didalmnya adalah sebagai berikut. 

- Dua Digit Pertama

Yang dimaksud adalah 18, dua digit ini menerangkan kode Propinsi, sedangkan kode 18 adalah kode propinsi Lampung. 

- Dua Digit Kedua

Yaitu 02, kode ini menjelaskan kode kabupaten yang berada di daerah Lampung. Sedangkan kode 02 dalam propinsi lampung adalah kode untuk kabupaten Lampung Tengah. 

- Dua Digit Ketiga

Kode 02 yang selanjutnya merupakan kode kecamatan yang berada di wilayah kabupaten Lampung Tengah. Sedangkan kode 02 untuk Kecamatan yang berada di Lampung Tengah adalah Kecamatan Bangunrejo.

- Enam Digit Selanjutnya

Yang dimaksud adalah 020788, empat digit tersebut menerangkan tanggal, bulan dan tahun lahir orang yang bersangkutan. Jika kodenya seperti tersebut di atas, maka ia lahir pada tanggal 02 bulan Juli 1988. Jika yang bersangkutan adalah perempuan, maka pada digit tanggal lahir ditambahkan 40, contohnya jika Aminah lahir pada 14 Februari 1990, maka pada NIK-nya adalah 540290. 

Namun tidak menutup kemungkinan jika terdapat kasus bahwa seorang laki-laki mempunyai kode tanggal lahir perempuan. Misalnya Yanto mempunyai NIK 1802025501910001 dengan artian ia lahir pada tanggal 15 Januari 1991 dan itu sah-sah saja. 

Kasus lain misalnya, sobat mungkin pernah mendapati banyak nomor NIK dengan digit 010789 dengan asumsi seseorang lahir pada tanggal 01 Juli 1989. Jika hal ini yang anda dapati, berarti pada tanggal lahir orang tersebut tidak diketahui disebabkan karena lupa atau dengan sebab yang lainnya. Pada kasus lain, pada seseorang yang tidak diketahui tanggal lahirnya di tulis dengan 301289, dan itu sah tidak terdapat perdebatan sesuai dengan undang-undang kependudukan. 

- Empat Digit Terakhir

Yang dimaksud pada contoh NIK diatas adalah 0001, digit ini merupakan kode seri dari NIK seseorang yang berdomisili dengan tanggal lahir yang sama. Jika memang di tempat ia tinggal hanya seorang saja maka digitnya berujung 0001. Lalu jika ada orang yang berdomisili ditempat yang sama dan ia lahir dengan tangggal yang sama maka selanjutnya pada NIK tertulis 0002 dan seterusnya.

Karena NIK adalah nomor identitas unik, maka tidak akan ditemukan dimanapun terdapat satu NIK dengan orang yang berbeda. 

Nomor NIK sifatnya permanen, jadi jika sobat akan pindah domisili tidak perlu membuat NIK lagi. Bahkan jika sobat sudah melakukan perekaman KTP-e dengan nomor NIK tertentu kemudian hendak melakukan perekaman KTP yang baru dengan NIK yang berbeda akan terjadi error. Sobat harus melakukan permohonan Surat Pindah domisili tersebut di DISDUKCAPIL terlebih dahulu melalui kantor kecamatan.

Kapan Sobat harus membuat Kartu Keluarga ?

Banyak orang melakukan permohonan pembuatan KK tidak dalam saat yang tepat, yang saya maksud adalah mereka membuat KK ketika dalam keadaan yang sangat mendesak. Sedangkan semua tahu, bahwa KK tidak kalah pentingnya dengan KTP-e. Kartu keluarga perannya sangat vital dalam kepengurusan administrasi kependudukan, seperti ketika mengurus administrasi dirumah sakit dan lain-lain. Karena tidak dipersiapkan jauh-jauh hari, sehingga banyak orang yang mendapat kesulitan ketika mengurus administrasi di rumah sakit. 

Sebaiknya sobat mengurus pembuatan KK ketika saat-saat luang dalam keadaan tidak mendesak. 

KK dapat dibuat ketika seseorang sudah mempunyai keluarga sendiri, jika sobat masih ikut dengan orang tua atau tinggal dengan saudara ditempat lain, maka sobat cukup numpang KK saja dengan NIK sobat sendiri. 

Apa yang harus sobat persiapkan untuk membuat KK ?

Jika sobat adalah keluarga baru, misalnya sobat baru saja menikah dan ingin mempunyai KK yang baru dengan Keluarga sobat tersebut. Maka yang perlu sobat persiapkan adalah data diri sobat, data diri tersebut bisa sobat peroleh dari KTP-e atau KK terdahulu. 

Selain itu, jika sobat adalah keluarga baru, maka sobat perlu persiapkan Surat Nikah. Surat nikah berguna untuk menyatakan bahwa status perkawinan sobat telah benar-benar di catat oleh kependudukan. Jika sobat melakukan pembuatan KK tanpa Surat Nikah maka dalam KK yang baru tersebut, status perkawinan sobat akan tercantum  Nikah tidak tercatat bukan kawin

Kapan sobat bisa memperbarui data KK ?

Pembaruan data pada kartu keluarga dapat dilakukan jika ada perubahan data kependudukan pada salah satu anggota keluarga. Perubahan data tersebut bisa disebabkan karena penambahan anggota keluarga, pengurangan atau karena perubahan status dari anggota keluarga. 

Kartu Keluarga merupakan sumber data diri seseorang, kartu ini menjadi sangat penting karena semua data diri bersumber dari sini. Bahkan KTP-E pun mengambil datanya dari KK.

Permasalahan lain yang sering terjadi adalah, banyak orang merasa dirugikan dengan data diri yang salah dikarenakan ketidaksesamaan dalam penginputan data. Sehingga selanjutnya akan menyebabkan kesalahan data diri pada pembuatan akta kelahiran, KTP dan surat-surat lainnya. 

Jika sobat mengalami hal ini, yang perlu sobat lakukan adalah perbaikan KK terlebih dahulu kemudian perbaiki surat-surat yang lain. 

Pada beberapa kasus yang terjadi adalah ketidaksamaan data antara KK dan KTP atau akta kelahiran bahkan Ijazah pendidikan. Ada dua cara untuk mengatasinya yaitu dengan merubah KK terlebih dahulu seperti diatas atau dengan membuat Surat Keterangan Beda Identitas dari desa. Jika sobat lebih memilih merubah data pada KK maka tentunya akan memakan banyak waktu, sedangkan kebutuhan sobat amat mendesak. Maka ambillah cara yang kedua, yaitu membuat Surat Keterangan Beda Identitas, surat keterangan ini diberikan kepada pemohon untuk menerangkan bahwa data diri yang ada pada KK atau KTP berbeda, namun kedua data tersebut milik satu orang. 

Namun ada dokumen penting yang tidak mudah cara mengatasinya ketika ada perbedaan data KK. Yaitu ijazah pendidikan, dokumen ini tidak mudah untuk diubah karena erat kaitannya dengan data yang ada pada dinas pendidikan. Biasanya jika hal ini yang terjadi, maka yang harus mengikuti adalah KK. Seperti contoh misalnya, nama seseorang yang benar adalah Soekarno,sesuai data yang ada pada KK dan Akta Kelahiran. Namun pada ijazah pendidikan tercantum Sukarno, maka yang harus dilakukan adalah merubah data KK dan Akta kelahiran menjadi Sukarno. 

Nah, itulah ulasan yang erat kaitannya dengan kepengurusan KK dan beberapa masalah yang berhubungan dengannya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Surat Pengantar Pembuatan Kartu Keluarga dari Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel